Peluang dan Strategi Lenovo Merambah Pasar Smartphone di Indonesia
Friday, 11 October 2013
3 Comments

Di tahun 2011, Indonesia menempati posisi ketiga sebagai
pengguna internet melalui akses seluler. Sejak tahun 2000an, penggunaan
internet di Indonesia telah mencapai persentase hingga 1500 persen. Angka 50
persen berimbang antara akses dari desktop dan seluler. Oleh sebab itu, nilai
pertumbuhan sebesar 25 persen membuat perusahaan Lenovo kesempatan untuk
mengembangkan jaringan bisnis di tanah air.
Dari populasi sekitar 240 juta, sekitar 92 persen orang menggunakan hape sebagai akses internet. Fakta yang unik jika dibandingkan dengan kebiasaan orang Indonesia yang hampir tak pernah bisa lepas dari gadget mereka. Dengan produk-produk smartphone, Lenovo berusaha mencari peluang terbaik dari segmen pasar pengguna smartphone di Indonesia. Apalagi jika mengingat rekor penjualan Lenovo yang berhasi menggeser produk Apple dan Samsung di negara kelahirannya, China.
Lenovo Group Ltd yang dulunya dikenal sebagai perusahaan
komputer kedua terbesar di dunia telah merambah pasar di India, Filipina dan
Indonesia. Perusahaan ini berusaha meningkatkan kualitas untuk menambah
pengalaman demi mencapai sasaran berikutnya di Amerika Serikat dan Eropa.
Beberapa konsep pemasaran yang efektif dari Lenovo telah mulai diterapkan,
khususnya di Indonesia. Dengan segmentasi konsumen yang kian berkembang, Lenovo
menerapkan teknologi canggih yang bersahabat pada energi dan kocek. Produk dari
Lenovo mampu diandalkan untuk mencapai kepuasan dalam browsing dan komunikasi
konvensional. Tanyakanlah pada setiap pengguna smartphone Lenovo, rata-rata pasti menjawab karena alasan hemat dan
kecanggihan.
Sebagai smartphone, Lenovo menggunakan prosesor Intel
Atom. Inilah yang membedakan dengan produk-produk lain yang rata-rata
menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon. Merek ini juga menawarkan teknologi
canggih bagi kelas menengah dengan inovasi terkini dan gaya keren yang lebih
terjangkau dibandingkan Blackberry. Sementara itu, harga yang terjangkau
membuatnya layak untuk dimiliki dengan teknologi yang tidak kalah dengan
Samsung dan Apple.
Mari kita mengamati beberapa produk dari Lenovo yang bisa diandalkan. Pilihan pertama adalah A60+ dengan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread. Dengan kamera 2 MP dan panorama mode, Anda bisa menikmati semua fitur secara leluasa dalam layar seukuran 3,5 inchi. Seri ini juga dilengkapi dengan prosesor 1 GHz yang akan membuat konektivitas semakin lancar. Meskipun harus sedikit hati-hati karena baterei mudah panas jika dibiarkan terlalu lama dalam aliran listrik.
Berbagai seri yang lain adalah K860 dan P700i. Masing-masing dilengkapi dengan spesifikasi terbaik yang akan sesuai dengan kebutuhan dan dana Anda. Barangkali Anda lebih tertarik untuk melihat-lihat beberapa seri lain di dealer resmi. Nah, jangan lewatkan kesempatan untuk mengamati penerapan teknologi yang bisa dibeli dengan harga murah ini.
Dari pasar yang terendah, Lenovo mampu bersaing dengan produk-produk keluaran Samsung. Untuk pemasaran lebih tinggi, saingan terberat adalah Apple yang selalu membuat kejutan dengan iPhone. Namun jika dibandingkan dengan konteks ekonomi dan sosial di Indonesia, Lenovo punya pengaruh yang cukup kuat sebagai smartphone pilihan.
Harga terendah untuk produk smartphone Lenovo adalah 110 dolar dan harga tertinggi sekitar 500 dolar. Jadi, sangat wajar ketika produk smartphone pertama mereka dirilis tahun 2012, ada banyak orang yang tertarik untuk mencobanya.
wah, mantep juga ni lenovo. rata-rata keunggulan baterai ny yg tahan lma jdi menu pilihan lain selain fitur2 lain yg di tawarkan.
ReplyDeletenice post gan.
nice post gann,, terus berkarya OKE,,
ReplyDeletekoment back yaa www.ankurniawan.blogspot.com
Sergius: sering" mampir gan
ReplyDeleteahmad: ok gan