Peluang dan Strategi Lenovo Merambah Pasar Smartphone di Indonesia

Sejak merilis smartphone di Indonesia, Lenovo telah membuat banyak gebrakan besar. Terbukti dengan banyaknya minat masyarakat unutk mencoba fitur-fitur dari tipe yang dikeluarkan. Sebelumnya, Lenovo dikenal sebagai perusahaan yang merilis notebook. Kini, persaingan pasar smartphone semakin kuat dengan kehadiran Lenovo.


Di tahun 2011, Indonesia menempati posisi ketiga sebagai pengguna internet melalui akses seluler. Sejak tahun 2000an, penggunaan internet di Indonesia telah mencapai persentase hingga 1500 persen. Angka 50 persen berimbang antara akses dari desktop dan seluler. Oleh sebab itu, nilai pertumbuhan sebesar 25 persen membuat perusahaan Lenovo kesempatan untuk mengembangkan jaringan bisnis di tanah air.


Dari populasi sekitar 240 juta, sekitar 92 persen orang menggunakan hape sebagai akses internet. Fakta yang unik jika dibandingkan dengan kebiasaan orang Indonesia yang hampir tak pernah bisa lepas dari gadget mereka. Dengan produk-produk smartphone, Lenovo berusaha mencari peluang terbaik dari segmen pasar pengguna smartphone di Indonesia. Apalagi jika mengingat rekor penjualan Lenovo yang berhasi menggeser produk Apple dan Samsung di negara kelahirannya, China.

Lenovo Group Ltd yang dulunya dikenal sebagai perusahaan komputer kedua terbesar di dunia telah merambah pasar di India, Filipina dan Indonesia. Perusahaan ini berusaha meningkatkan kualitas untuk menambah pengalaman demi mencapai sasaran berikutnya di Amerika Serikat dan Eropa. Beberapa konsep pemasaran yang efektif dari Lenovo telah mulai diterapkan, khususnya di Indonesia. Dengan segmentasi konsumen yang kian berkembang, Lenovo menerapkan teknologi canggih yang bersahabat pada energi dan kocek. Produk dari Lenovo mampu diandalkan untuk mencapai kepuasan dalam browsing dan komunikasi konvensional. Tanyakanlah pada setiap pengguna smartphone Lenovo, rata-rata pasti menjawab karena alasan hemat dan kecanggihan.


Sebagai smartphone, Lenovo menggunakan prosesor Intel Atom. Inilah yang membedakan dengan produk-produk lain yang rata-rata menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon. Merek ini juga menawarkan teknologi canggih bagi kelas menengah dengan inovasi terkini dan gaya keren yang lebih terjangkau dibandingkan Blackberry. Sementara itu, harga yang terjangkau membuatnya layak untuk dimiliki dengan teknologi yang tidak kalah dengan Samsung dan Apple.


Mari kita mengamati beberapa produk dari Lenovo yang bisa diandalkan. Pilihan pertama adalah A60+ dengan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread. Dengan kamera 2 MP dan panorama mode, Anda bisa menikmati semua fitur secara leluasa dalam layar seukuran 3,5 inchi. Seri ini juga dilengkapi dengan prosesor 1 GHz yang akan membuat konektivitas semakin lancar. Meskipun harus sedikit hati-hati karena baterei mudah panas jika dibiarkan terlalu lama dalam aliran listrik.


Berbagai seri yang lain adalah K860 dan P700i. Masing-masing dilengkapi dengan spesifikasi terbaik yang akan sesuai dengan kebutuhan dan dana Anda. Barangkali Anda lebih tertarik untuk melihat-lihat beberapa seri lain di dealer resmi. Nah, jangan lewatkan kesempatan untuk mengamati penerapan teknologi yang bisa dibeli dengan harga murah ini.


Dari pasar yang terendah, Lenovo mampu bersaing dengan produk-produk keluaran Samsung. Untuk pemasaran lebih tinggi, saingan terberat adalah Apple yang selalu membuat kejutan dengan iPhone. Namun jika dibandingkan dengan konteks ekonomi dan sosial di Indonesia, Lenovo punya pengaruh yang cukup kuat sebagai smartphone pilihan.


Harga terendah untuk produk smartphone Lenovo adalah 110 dolar dan harga tertinggi sekitar 500 dolar. Jadi, sangat wajar ketika produk smartphone pertama mereka dirilis tahun 2012, ada banyak orang yang tertarik untuk mencobanya.




Penulis: Nina Lia (Lenny Marlina) - http://ninokikira.wordpress.com/


3 Responses to "Peluang dan Strategi Lenovo Merambah Pasar Smartphone di Indonesia"

  1. wah, mantep juga ni lenovo. rata-rata keunggulan baterai ny yg tahan lma jdi menu pilihan lain selain fitur2 lain yg di tawarkan.

    nice post gan.

    ReplyDelete
  2. nice post gann,, terus berkarya OKE,,

    koment back yaa www.ankurniawan.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Sergius: sering" mampir gan
    ahmad: ok gan

    ReplyDelete

Translate

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel