apa sih penyebab Lubang Pada Ozon?

sobat ninja-Sebagaimana kita tahu ozon merupakan lapisan yang menyelimuti bumi untuk mempertahankan atmosfer yang ada dipermukaan bumi. Ozon berfungsi melindungi bumi dari serangan cahaya ultraviolet atau radiasi yang dipancarkan matahari. Namun, keadaan ozon kini sudah mulai memburuk sebagai akibat pemanasan global.
Secara keseluruhan tercatat penurunan volume ozon sebesar 4 persen setiap dekade dari total volume ozon yang menyelimuti bumi. Penurunan terbesar terjadi pada lapisan stratosfer di kutub karena adanya kondisi yang unik. Semua bermula saat angin kuat yang berhembus di sekitar Antartika membentuk pusaran kutub yang menahan angin-angin dari seluruh bumi untuk berada di atas Antartika. Kejadian inilah yang membentuk awan atmosfer polutan yang berada diketinggian 80000 kaki.
Sedangkan dibagian dunia lain, biasanya saat musim semi datang setelah musim dingin yang tak disinari matahari, ozon mengalami penipisan sehingga menyebabkan lubang di ozon. Catatan lubang ozon terbesar terjadi pada tahun 2006 dengan luas 20.6 juta mil persegi. Sedangkan saat ini tercatat luas lubang ozon antara 21 hingga 24 juta kilometer persegi.

0 Response to "apa sih penyebab Lubang Pada Ozon?"

Post a Comment

Translate

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel